Pesan Nasi Tumpeng Jakarta SelatanDari dahulu sampai dengan sekarang nasi tumpeng masih sangat sering digunakan dalam berbagai acara. Sehingga saat ini nasi tumpeng sudah menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Nasi sendiri biasanya di gunakan oleh orang jawa dalam berbagai acara, penggunaan nasi tumpeng sendiri memiliki makna dan filosofi yang sangat luas. Seiring dengan perkembangannya zaman banyak orang yang ingin memakai nasi tumpeng dengan cara yang praktis. Artinya tidak susah payah membuat nasi tumpeng sendiri, hal tersebut biasanya dilakukan orang orang-orang yang tinggal di kota besar.

Dengan pesan nasi tumpeng maka kita sangat tidak di rapatkan dan juga lebih ekonomis. Oleh sebab itu banyak orang yang lebih memilih pesan nasi tumpeng dari pada membuat sendiri. Bagi anda yang tinggal di Jakarta Selatan maka sangatlah mudah bagi anda untuk pesan nasi tumpeng di Jakarta Selatan. Karena saat ini sudah tersedia catering yang bernama Royal Snack Box. Catering tersebut menyediakan nasi tumpeng dengan berbagai menu yang bisa nada pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Membuat Nasi Tampung

Sebenarnya pembuatan nasi tumpeng sendiri sangatlah mudah dan juga bisa dilakukan siapa saja. Kali ini saya akan berbagi informasi cara membuat tumpeng. Sebelum beranjak ke cara pembuatnya sebagai tambahan informasi nasi tumpeng terdiri dari dua jenis. Pertama adalah nasi tumpeng kuning dan yang kedua adalah nasi tumpeng putih. Untuk kali ini saya akan membahas cara membuat nasi tumpeng kuning. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa nada siapkan untuk membuat nasi tumpeng.

Bahan-Bahan Yang Harus Disiapkan

  • Beras sebanyak 1 kg
  • Serai 2 batang
  • Kunyit 5 cm
  • Lengkuas 2 cm
  • Daun salam sebanyak 4 lembar
  • Jahe 5 cm
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Kelapa tua 1 buah
  • Santan sebanyak 900 ml
  • Bawang merah 5 buah
  • Garam sebanyak 4 sendok teh

Cara Pembuatan Nasi Tumpeng

  1. Setelah bahan-bahan tersebut sudah siap yang pertama anda harus lakukan adalah mencuci beras sampai dengan bersih dan selanjutnya anda rendam beras tersebut.
  2. Sambil menunggu rendaman beras anda siapkan bubu dengan cara menghaluskan bahan yang sudah anda siapkan tadi seperti lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe dan garam
  3. Bumbu yang sudah halus tadi selanjutnya anda masukan pada santan dan anda masak dengan api yang sedang, aduk sampi merata dan tunggu sampai mendidih.
  4. Setelah bumbu dan santan tersebut sudah mendidih, buang air rendaman beras semutnya masukan beras ke dalam rebusan bubu dan santan tersebut. Anda juga bisa menambahkan air bila di rasa kurang air.
  5. Kemudian masukan daun salam dan juga serai, bila nasi sudah mencapai tinggt kematangan yang sempurna maka anda bisa mengambil daun salam dan juga serai tadi.
  6. Selanjutnya anda tinggal mengukus nasi tersebut sampai benar-benar matang.
  7. Jangan sampai lupa saat anda mengukus nasi masukan daun pandan pada air yang anda pakai saat mengukus nasi.
  8. Sambil menunggu nasi matang anda siapkan wadah yang berbentuk kerucut untuk mencetak nasi tumpeng.
  9. Kalu di rasa nasi sudah benar-benar matang anda bisa langsung memasukan nasi tersebut pada wadah kerucut.
  10. Selanjutnya anda tinggal menghias nasi tumpeng kuning tersebut

Itulah tadi cara membuat nasi tumpeng kuning, sangat mudah bukan cara membuatnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.